skripsiku


BAB I
PENDAHULUAN



1.1.      Latar Belakang Masalah
Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas diperlukan strategi-strategi pembelajaran yang diharapkan mampu memperbaiki sistem pendidikan yang telah berlangsung selama ini. Salah satu tolok ukur keberhasilan guru adalah bila dalam pembelajaran mencapai hasil yang optimal. Keberhasilan ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru untuk mengelola proses belajar mengajar.
Komunikasi dua arah secara timbal balik sangat diharapkan dalam proses belajar mengajar, demi tercapainya interaksi belajar yang optimal, yang pada akhirnya membawa kepada pencapaian sasaran hasil belajar yang maksimal. Untuk mencapai kondisi yang demikian maka perlu adanya fasilitator yaitu guru, yang memiliki kemampuan untuk menciptakan situasi belajar yang melibatkan siswa secara aktif sekaligus membangun motivasi siswa. Upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan menerapkan pembelajaran dengan berbagai metode.
1
 
Pada penelitian ini, peneliti memberikan solusi kepada guru Biologi untuk menggunakan pembelajaran kooperatif karena dari beberapa penelitian sebelumnya tentang pengaruh kooperatif terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa hasil belajar akademik pada kelas individual atau kompetitif (Suryosubroto, 2002). Pembelajaran kooperatif memiliki dampak yang positif terhadap siswa yang rendah hasil belajarnya, karena pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi, hasil belajar dan penyimpanan materi pelajaran yang lemih lama (Nur dkk, 2000).
Materi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah materi pokok klasifikasi makhluk hidup. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan materi ini dianggap sulit untuk dipahami oleh siswa. Selain itu, dalam materi ini banyak terdapat nama-nama ilmiah sehingga siswa cukup kesulitan untuk memahaminya. Pembelajaran yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW.
Model pembelajaran kooperatif JIGSAW mempunyai pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada keaktifan siswa yang berbentuk kelompok, seperti dikatakan oleh Nurhadi (2004:64) yaitu “melalui metode JIGSAW kelas dibagi menjadi beberapa team yang anggotanya terdiri 4 atau 5 siswa dengan karakteriktik yang hoterogen.
Dalam pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW siswa yang memiliki kemampuan rendah karena dalam pembelajaran JIGSAW semua anggota saling membantu, demikian diungkapkan oleh Abdurrahman (1999:123) dalam kelompok belajar semua anggota harus saling membantu, sehingga dapat membentuk suatu hubungan yang erat yaitu dalam mempelajari klasifikasi makhluk hidup dibutuhkan minat belajar yang tinggi. Sementara itu, dalam belajar dibutuhkan aktivitas yang berorientasi kepada siswa, maka dapat dipahami bahwa model pembelajaran kooperatif JIGSAW dikembangkan dalam usaha meningkatkan aktivitas siswa. Sehubungan dengan itu jika model pembelajaran kooperatif JIGSAW diterapkan dalam kelas diharapkan akan membawa pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa.
Berdasarkan survey dan informasi dari guru yang telah dilakukan di SMP Negeri 1 Juli dalam pembelajaran konvensional. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dirasakan cocok bagi siswa SMP negeri 1 Juli dalam memahami materi, hal ini disebabkan siswa tersebut dapat belajar sesamanya dan menemukannya sendiri. Maka pelajaran Biologi yang wajib diikuti oleh siswa SMP Negeri 1 Juli kelas VII semester I adalah materi pokok klasifikasi makhluk hidup melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw maka diharapkan akan tercapai hasil belajar siswa yang mampu memberikan hasil yang memuaskan secara maksimal.
Berdasarkan uraian diatas timbul permasalahan dalam penelitian ini, apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat menuntaskan hasil belajar siswa dalam Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup di Kelas VII SMP Negeri 1 Juli. Untuk menanggapi masalah tersebut maka dilakukan suatu penelitian dengan judul ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup di Kelas VII SMP Negeri 1 Juli”.
1.2.  Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah yang telah dikemukakan diatas, dapat diidentifikasikan beberapa masalah yaitu apakah penerapan model pembelajaran tipe JIGSAW pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Juli.
1.3.  Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah diatas, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dalam materi pokok klasifikasi makhluk hidup di SMP Negeri 1 Juli.
1.4.  Hipotesis Penelitian
Hipotesis dalam penelitian ini adalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dalam materi pokok klasifikasi makhluk hidup di SMP Negeri 1 Juli.
1.5.  Ruang Lingkup Penelitian
Adapun ruang lingkup penelitian adalah melakukan kajian terhadap proses belajar mengajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dalam materi pokok klasifikasi makhluk hidup di SMP Negeri 1 Juli.
1.6.  Definisi Operasional
1.      Penerapan adalah mempraktektan. Dimana dalam penelitian ini berarti mempraktekkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dalam meningkatkan kegiatan belajar mengajar Biologi pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup.
2.      Pembelajaran Kooperatif adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerjasama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar.
3.      Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW adalah pembelajaran dengan menekankan siswa dalam kegiatan belajar kelompok yaitu kelompok asal dan kelompok ahli.
4.      Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup. Dalam kurikulum 2006 mata pelajaran Sains untuk SMP dan MTs, yang dipelajari pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup adalah mengklasifikasikan atau mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri yang dimiliki.
1.7.  Manfaat Penelitian
  1. Bagi Siswa
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai informasi masukan tentang cara belajar dengan model pembelajaran yang baru dengan memanfaatkan teman satu kelompok sehingga siswa dapat saling bertukar pikiran antara sesama anggota kelompok, saling mendengarkan, saling menghargai pendapat orang lain, serta yang terpenting dapat meningkatkan prestasi belajar Biologi pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup.
  1. Bagi Guru
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam proses pembelajaran Biologi materi pokok klasifikasi makhluk hidup, mengenai model pembelajaran yang digunakan.
  1. Bagi Peneliti
Hasil penelitian ini dapat menentukan tindakan yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW khususnya pada sub materi pokok klasifikasi mahkluk hidup.

Responses to "skripsiku"

Write a comment

Powered by Blogger